Profile

PT Penerbit IPB Press

Perusahaan penerbitan merupakan perusahaan yang paling strategis dalam binsis buku bacaan. Karena penerbitanlah sebenarnya yang menjadi manajer buku sekaligus menjadi investornya buku. Sebagai manajer buku bacaan karena penerbit yang menentukan dan pengambil kebijakan dalam hal strategi menerbitkan buku bacaan. Penerbitan yang menentukan apakah buku bacaan dapat terbit, ditulis oleh siapa, dicetak dengan oplag berapa, akan dicetak dimana, harga jual berapa, stretegi promosi yang bagaimana, dan akan disebarkan kemana saja. Sehingga, penerbitan adalah perusahaan yang paling bertanggung jawab atas laku tidaknya buku bacaan yang diterbitkan.

Penerbit selain menjadi manajer buku bacaan maka penerbit juga sebagai investor buku. Hal ini dikarenakan semua modal dalam menerbitkan buku ditanggung sepebuhnya oleh penerbit. Penerbit yang membayar royalty penulis, penerbit yang membayar biaya cetak ke percetakan, penerbit yang memberikan diskon ke toko buku, dan penerbit pulalah yang mengatur semua manajamen keuangannya.

Penerbitan IPB atau dikenal dengan nama IPB Press adalah perusahaan independen yang bergerak di bidang penerbitan buku bacaan. IPB Press berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT) dengan pemegang saham terbesar adalah Institut Pertanian Bogor (IPB). Pemegang saham lainnya adalah para alumni IPB yang berstatus sebagai dosen atau yang berkerja di luar lingkungan kampus, tentunya yang memiliki kompetensi di bidang bisnis perbukuan di Indonesia. Kerja sama ini merupakan pola terbaru dalam membuat sebuah unit usaha di kalangan IPB, dan dapat dijadikan sebagai percontohan kerja sama antara IPB dengan para alumninya.

IPB Press dikelola dengan gaya manajemen penerbitan modern. Manajemen penerbitan modern adalah manajemen yang dikelola oleh kaum profesional di bidang penerbitan dan dipimpin oleh General Manager yang telah memiliki pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang usaha buku bacaan. Selain itu, manajemen penerbitan modern adalah penerbitan yang hanya dikelola oleh maksimal 4 orang karyawan. Empat orang tersebut menduduki jabatan sebagai Direktur, Manajer Redaksi dan Produksi, Manajer Pemasaran, serta Manajer Keuangan dan Adminstrasi.

Berempat orang pengelola tersebut bekerja secara teknis administrasi serta sebagai penentu dan pengambil kebijakan strategi bisnis penerbitan. Selain itu, keempat karyawan tersebut bertugas menjalin kerja sama dengan para rekanan penerbitan, seperti; distributor buku, toko buku, editor, disigner, layouter, penulis, event organizer, percetakan, dan akuntan. Semua rekanan bisnis tersebut dikelola, dikontrol dan dievaluasi kinerjanya.

Berempat orang pengelola tersebut tidak terlibat masalah keuangan secara teknis, karena akan ditangani langsung oleh pihak akuntan sebagai rekanan bisnis. Semua keuangan akan mendapatkan persetujuan dari direktur operasional penerbit dan direktur bisnis IPB. Secara berkala, akuntan memberikan laporan keuangan berupa; neraca, laporan laba/rugi, dan buku besar. Pihak akuntan akan selalu diaudit oleh pihak auditor internal IPB.

Laporan pertanggungjawaban kepada para pemegang saham dilakukan setiap 6 bulan sekali pada tahun pertama. Sedangkan pada tahun kedua akan dilakukan setiap 3 bulan sekali. Namun, dapat dilakukan kapan saja bila diperlukan.

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: